Sabtu, 03 Agustus 2013

Enjoy The Process :)

Setiap kita pasti setuju bahwa hidup adalah sebuah proses...

Proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Proses untuk bisa menjadi bermakna dan jadi berkat untuk orang2 di sekitar kita.
Proses untuk menjadi sukses.
Proses untuk menjadi pasangan yang terbaik.
Proses untuk menjadi orang tua yang terbaik.
Proses untuk menjangkau tingkat karir yang kita inginkan.
Proses untuk menyambut kesuksesan kita kelak.
Proses untuk meraih cita-cita, dan lain sebagainya.


Dalam meraih sesuatu, pasti ada proses yang harus kita lalui. Entah menyenangkan, menyedihkan, membuat putus asa, merasa semangat, optimis, pesimis, khawatir, jatuh bangun, dll.

Pernah dengar orang bilang  bahwa kue choco chips lebih enak dinikmati saat masih berupa adonan?
Beberapa orang setuju bahwa kue dengan chip cokelat lebih enak dinikmati saat masih menjadi adonan. Mungkin terdengar agak aneh bukan? Biasanya kita menikmati kue choco chip yang sudah jadi, yang sudah matang dan mengembang.
Seperti seseorang yang selalu mengharapkan akan kesuksesan atau keberhasilan di dalam hidupnya. Memang tidak salah, tapi terkadang karena terlalu mengejar kesuksesan atau keberhasilan itu, ia jadi lupa akan 'proses' yang terjadi. Proses yang kita lalui tidak selalu buruk, justru melalui proses itu, diri kita dibentuk untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan selalu melihat atau terpaku dengan pandangan yang negatif saja. There's always a good side in everything.

Things that i've learned lately, bahwa perumpamaan adonan kue tadi ada benarnya juga. Nampaknya lebih mudah untuk melihat ke depan dan membayangkan betapa bahagianya kehidupan kita kelak, mungkin saat memasuki dunia kerja, saat sudah sukses, saat berkeluarga, dikenal orang, dsb.
Namun, bagaimana dengan kehidupan kita saat ini? Hari inilah yang menjadi jaminan bagi masa depan kita. Jika kita selalu menanti dan memimpikan hasil yang sudah jadi, kita dapat kehilangan momen2 terbaik yang ada. Yaitu saat ini. Proses yang sedang kita jalani.

Maka, nikmatilah saat ini. Nikmati proses yang sedang kita jalani, dan bagikan dengan orang lain. Siapa tau ada diantara orang2 sekelilingmu yang sedang lupa untuk menikmati sebuah 'proses'. :)

Tidak ada komentar: